Thursday, 2 February 2017

Forex Handelsinstitut In Pakistan Iman

Marvel Dice Masters: Iron Man und War Machine enthüllt Versionen von Iron Mans Rüstung NIEMALS BEVOR SIEGS in Dice Masters Vorbestellen Verzieren Sie Ihre Burg, Ihren Thronsaal oder Ihren Wohnraum mit dieser atemberaubenden Erholung der Dungeons Drachen Red Dragon - Jetzt erhältlich Spielen Sie erstaunlich Spiele, Gewinnkonvention exklusive Preise und Unterstützung lokaler Spielgeschäfte Ereignisse beginnen 4. Februar 2017 - Registrieren Sie sich für WKO Winter 2017 Heute Die Helden, Schurken und Monster aus der Vergessenen Reiche sind mit DD Icons der Realms: Monster Menagerie II - Verfügbar Jetzt die Teenage Mutant Ninja Schildkröten Würfel Masters: Helden in einer Half Shell Box Set hat noch mehr von der Schildkröte Aktion youll Liebe Pre-Order Today Vorbestellung Angriff der Giants heute Befehl einer von sechs Arten von Riesen und behaupten das Recht auf Regel über alle giantkind WizKids bringt mehr Würfel-Rolling Spaß auf die Tischplatte mit neuen Release, Dice Stars - Jetzt erhältlich Cast Zauber und konkurrieren gegen andere Assistenten in einem epischen Rennen für Beute Rock Paper Wizard ist ein spannendes Party-Spiel für 3-6 Spieler - Jetzt erhältlich Burkes Gambit jetzt erhältlich Get Ready für einen Rand Ihres Sitzes Thriller Set in Space Klicken Sie auf diesen Banner, um mehr zu erfahren Leere weiße Würfel, von Jonathan Leistiko entworfen, ist eine spannende neue nehmen auf Würfel Spiele Jetzt erhältlich Geben Sie Ihre offiziellen Wizkids Shirts, Hoodies, Merchandise und mehr Sammeln Sie Ihre Helden, bauen Sie Ihre Teams und besiegen Sie Ihre Feinde in den vielen Bereichen der HeroClix Welt. In HeroClix kannst du der Held sein, von dem du geträumt hast oder der Schurke deiner Albträume. Mit Tausenden von Zeichen zur Auswahl und Karten von Gelände aus dem ganzen Universum, wer weiß, wo HeroClix wird Sie nehmen. Attack Wing ist ein schnelllebiges taktisches Kampf-Miniaturspiel, das Sammlerstücke enthält, die auf dem Star Trek Universum und den Dungeons Dragons Forgotten Realms basieren. Unter Verwendung des Flightpath Manöver System, Befehl Ihre Armee in epischen Kampf passen Sie Ihre Armee mit Ausrüstung, Waffen, besondere Fähigkeiten und mehr Dice Masters ist ein Smash-Hit markenübergreifende Angebot nutzen WizKids proprietären Dice Bauspiel-Plattform, wo Spieler sammeln und montieren ihre Team von Charakter-Würfel und Kampf in Kopf-an-Kopf-Spiel zu spielen. Wie bei Quarriors, das Spiel, das Dice Building Games gestartet, Michael Elliott und Eric M. Lang führen die Design-Arbeit für das, was sicherlich auf die meisten Menschen Watch-Liste. Play AnywhereDear Leser, Online-Anzeigen ermöglichen es uns, den Journalismus, den Sie Wert zu liefern. Bitte unterstützen Sie uns, indem Sie einen Moment Zeit nehmen, Adblock on Dawn auszuschalten. Sehr geehrte Leser, Online-Anzeigen ermöglichen es uns, den journalistischen Wert zu liefern. Bitte unterstützen Sie uns, indem Sie einen Moment Zeit nehmen, Adblock on Dawn auszuschalten. Sehr geehrte Leser, bitte aktualisieren Sie auf die neueste Version von IE, um eine bessere Leseerfahrung haben Home Latest Popular Pakistan Heute Paper Opinion World Sport Business Zeitschriften Kultur Blogs Tech Multimedia-Archiv In der Tiefe Tahir Mehdi mdash Die Vereinigten Staaten ist Im Krieg noch einmal und in seinem Lieblingsschlachtfeld, dem Nahen Osten. Dies ist trotz der Tatsache, dass sie mit viel Mühe in Rückzug aus Afghanistan in einer respektablen Weise nach dem Ende eines langen Krieges im Jahr 2001. Ihre Leistung im Irak, wo sie einen anderen Krieg im Jahr 2003 initiiert haben, war nicht etwas, dass sie Könnte auch stolz sein. Also, warum dann ist ein Land gravieren wirtschaftlichen Krisen zu Hause Hölle gebogen auf die Einladung mehr Mühe im Ausland Es gibt viele Erklärungen im Umlauf in den Mainstream-und Social Media. Ich habe hier versucht, diese für Sie zusammenzufassen und markieren diejenigen, die ich das plausibelste finden. Der humanitäre Fall: Die USA wollen das syrische Volk von einem tyrannischen Regime befreien. Bitte lachen Sie nicht. Es gibt eine ganze Klasse liberaler Interventionisten, die so denken, und sie haben Anspruch auf ihre Ansichten. Sie glauben, dass die USA und ihre europäischen Verbündeten selbst der Menschheit uneingeschränkt unschätzbare Dienste erbracht haben. Aber ich denke, dass die Drehbuchautoren für die westlichen Mächte in letzter Zeit unter Schriftstellern gelitten haben und niemand will die gleiche alte Seife sehen. Die wichtigen Indizien sind: Eines, das britische Parlament hat ihre Unterstützung des Landes für den neuen Krieg abgestimmt. Zwei, Präsident Obama auch versteht, dass die Handlung ist sehr unpopulär, und zielt darauf ab, es zu legitimieren, indem sie vorherige Zustimmung des Kongresses. Proteste gegen die syrische Regierung hatten im Jahr 2011 begonnen und wurden zunächst als eine logische Erweiterung des sogenannten Arabischen Frühlings gesehen, der in vielen Ländern zu Regimewechseln führte. Aber anders als anderswo verweilte es in Syrien und verwandelte sich in einen langwierigen und blutigen Bürgerkrieg. Menschenrechtsorganisationen und Menschenrechtsorganisationen aus aller Welt berichteten regelmäßig über Menschenrechtsverletzungen, die von allen Konfliktparteien begangen wurden. Das Syrien-Kapitel des Menschenrechts-Überwachungsberichts 2013 zitiert Oppositionellen, die behaupten, dass rund 35.000 Zivilisten im Konflikt von Ende 2011 bis November 2012 getötet worden sind. Die meisten Medienorganisationen zitieren nun 100.000 als Gesamtmaut des Konflikts. Und wenn Sie das Herz haben, können Sie die CNN-Bericht über ein grässliches Video mit einem syrischen Rebellen essen das Herz eines Regierungssoldaten zu lesen. Sie sagen, alles sei fair im Krieg. Die Genfer Konvention ist jedoch nicht einverstanden und hat einige rote Linien gesetzt. Eine solche ist die Verwendung von chemischen Waffen und die USA glaubt, dass Syrien hat gerade diese Linie überquert. Es gibt schlüssige Beweise dafür, dass chemische Waffen vor kurzem in Syrien verwendet wurden, um Hunderte von Zivilisten zu töten. Diese Erklärung der internationalen medizinischen humanitären Organisation, Mdecins Sans Frontires (MSF), war der erste Bericht über die Massenvernichtung von chemischen Waffen bei Damaskus am 21. August. Aber es gibt nichts, was beweisen könnte, dass die chemischen Waffen von den Regierungskräften benutzt worden sind. Tatsächlich gibt es Berichte, die auf die andere Seite hinweisen und die Rebellen der Verwendung dieser, der gemeinsten Waffen, beschuldigen. Lesen Sie diesen BBC-Bericht, der ein führendes Mitglied der UN-Untersuchungskommission zum Schweizer Fernsehen im Mai 2013 angekündigt hat, das ist viel vor der jüngsten Nutzung des Killergases, ich war ein wenig erstaunt von den ersten Anzeichen, die wir bekommen haben. Sie waren über die Verwendung von Nervengas durch die Opposition. Und wenn Sie daran interessiert sind, eine vollwertige Verschwörungstheorie darüber, wie die chemische Waffen Vorfall eingerichtet wurde, werden Sie lieben. Das britische Parlament stimmte über die Frage, ob der US-Angriff auf Syrien unterstützt werden soll oder nicht, während das Team der Vereinten Nationen beauftragt wurde, Tatsachen darüber zu ermitteln, ob der Vorfall der chemischen Waffe noch in Syrien war. Die Parlamentarier beschlossen, stattdessen auf YouTube Beweise und Experten Interpretationen, was in diesen Videos zu sehen war verlassen. Die US-Beamten haben tatsächlich die syrische Regierung als Täter bezeichnet, noch bevor das UN-Team in Syrien eintraf. Die USA sind in Eile und zwingen ihren Weg. Auch wenn die syrische Regierung das Mördergas gegen ihre Zivilbevölkerung gebraucht hat, sollen es die USA sein, die den Bestrafungsakt führen sollten. Es gibt viele, die argumentieren, dass die USA keinen moralischen Anspruch haben, diesen Kreuzzug zu führen. Es hat sich selbst in vielen derartige Vorfälle in der jüngsten Vergangenheit kompliziert und die Tötung von ein paar hundert Zivilisten in dieser Region hat nicht immer ähnliche Antworten aus ihm aufgerufen. Die Internationale Krisengruppe in ihrer Erklärung zu Syrien. Am 1. September 2013, Fragen aus diesen Gründen und argumentiert, dass die vorgeschlagene militärische Aktion nichts zu lösen. Die Saudis wollen das alawitische Schia-Regime in Syrien beenden. Syrien wird von der Familie Assad seit den 1970er Jahren regiert, sie gehören zu einer Schia-Islam-Sekte, bekannt als die Alawiten. Das Land selbst wurde, wie die meisten anderen im Nahen Osten und Nordafrika, aus dem Osmanischen Reich geschnitzt, als es im Ersten Weltkrieg an die europäischen Truppen fiel. Die neuen nationalen Grenzen, die von den Weltmächten begrenzt wurden, schneiden die sektiererischen und Stammesgrenzen ab Dass die Machtkämpfe in den Ländern zu einem großen Teil kompliziert. Hier ist eine Karte der Region mit Gebieten, die von verschiedenen Sekten des Islam bewohnt sind. Syrias-Präsident Hafez al-Asad (rechts sitzend) unterzeichnete am 18. April 1971 den Präsidenten Anwar al-Sadat (links) von Ägypten und den Oberst Muammar al-Qaddafi aus Libyen in Benghazi, Libyen. Sitzen in der Mitte). Die Vereinbarung kam nie zu einer föderalen Union zwischen den drei arabischen Staaten. - Source: Das Online Museum der syrischen Geschichte Fareed Zakaria, der renommierte amerikanische Journalist, der mit dem Zeitmagazin, der Washington Post und der CNN verbunden ist, denkt, dass die Region in der Mitte eines Machtreformierungsprozesses steht. Er erzählt uns, dass in der postkolonialen Anordnung von drei Ländern des Nahen Ostens, dem Irak, Syrien und dem Libanon, von den Minderheitengemeinschaften dieser Länder, also von den Sunniten, Schiiten und Christen, regiert wurde und dass die Mehrheitsgemeinschaften waren Gebunden zu vergelten. Er glaubt, dass eine Wiederverteilung der Macht bereits im Irak stattgefunden hat, mit freundlicher Genehmigung der USA und des Libanon, und es ist jetzt Syrias wiederum. Video Hören Sie ihm zu: In diesem Video, das im Juni 2013 aufgenommen wurde, empfahl Fareed den USA, sich nicht mit syrischen Angelegenheiten einzumischen. Er weist darauf hin, dass das Ausscheiden von Minderheitsherren typischerweise von der Mehrheit der anspruchsvollen Rache an ihnen gefolgt wird und in der dritten Phase internezinische Kämpfe unter den verschiedenen Gruppen von Mehrheitsgemeinschaften ausbricht. Er schätzt, dass der Bürgerkrieg in Syrien für Jahre, wenn nicht Jahrzehnte, fortsetzen muss, bevor das Land ein neues Gleichgewicht findet und die USA keine Beteiligung an einer solchen steuerlichen und möglicherweise sinnlosen Tätigkeit leisten sollten. Aber der vernünftige Rat scheint auf taube Ohren gefallen zu sein. Warum sollten die USA daran interessiert sein, einen Minderheitsherrscher zu vertreiben? Aber im benachbarten Irak, den die USA angegriffen und buchstäblich besetzt, um ein Lineal zu entfernen, hatte es zu hassen begonnen, es endete mit einer Regierung der Mehrheit Schia Gemeinschaft und es fühlt sich nicht von ihm bedroht. Weder hat sich diese schiitische Regierung mit ihrem Sektengenossen, dem benachbarten Iran, vereinigt, der vom Westen als eine ernste Sicherheitsbedrohung gesehen wird. Wenn die USA keine Axt haben, um gegen Shias zu zermürben, dann möchte sie vielleicht ihrem vertrauenswürdigsten Verbündeten in der Region - den Wahabi Saudis - gefallen, deren Groll gegen Shias kein Geheimnis ist. Die meisten Sunniten von Syrien sind jedoch nicht Wahabi und das Land teilt seine nördlichen Grenzen mit der Türkei, die auch gegen die Regierungskräfte ist. So, wenn und wenn Assad fällt, konnten sowohl Saudi-Arabien als auch die Türkei für Einfluss in der post-alawitischen Syrien. In diesem Donnerstag, 26. Oktober 2011 Datei Foto, syrischen Präsident Bashar Assad, Zentrum, steht neben syrischen Verteidigungsminister Gen. Dawoud Rajha, rechts, und Chief of Staff General Fahed al-Jasem el-Freij, links, während einer Zeremonie Zum 38. Jahrestag des arabisch-israelischen Krieges im Oktober 1973 in Damaskus, Syrien. - AP Datei Foto Es gibt wenig Zweifel, dass die Saudis begrüßen und freuen sich auf das Ende der Alawiten Regel, aber sie können nicht erwarten, eine lukrative Gabe am Ende dieses Krieges. Saudi-Arabien kann nicht erwarten, eine unterwürfige, Client-Staat über Syrien. Sie erhalten wenig, wenn sie streng in sektiererischer Hinsicht betrachtet werden, oder in anderen Worten, ihre möglichen Gewinne werden vor allem psychologische sein, die sich nicht in konkrete Vorteile übersetzen lassen. Die sektiererische Interpretation der Situation erklärt also nicht, warum die USA eine höchst unpopuläre Kriegshandlung begehen würden, nur um ihrem Verbündeten mit solchen fadenscheinigen Erfolgen zu helfen. Israel, USA wollen den Iran-Syrien-Hizoballah-Nexus zu zerstören. Alawit Syrien hat gute brüderliche Beziehungen mit Schia Iran im Osten (über den Irak) und der Schia-Hisbollah, die Teile des Libanon dominiert, im Westen. Die Anti-Israel-Hisbollah, eine militante und politische Organisation, die von den meisten Weltmächten zum Terroristen erklärt wurde, wird vom Iran unterstützt und versorgt. Es ist der islamische Irans-Vorstoß in die Regionalpolitik. Es läuft auf einem Bogen des schiitischen Einflusses, der sich von nahe Quetta bis zu den libanesischen Ufern des Mittelmeers erstreckt. Wenn die Assad-Regierung fällt, wird sie gestört und Israel, die USA und Saudi-Arabien angeblich profitieren. Die Schwächung der Hisbollah wird die Größe der Sicherheitsbedrohung für Israel verringern. Iran wird seinen einzigen strategischen Verbündeten außerhalb seiner Grenzen verlieren und tief in die Region wird es vollständig isoliert und deutlich geschwächt werden. Es ist bereits unter den lähmenden Sanktionen durch die westlichen Mächte aufgezwungen. All dies ist wahrscheinlich zu verzögern und abzubauen Irans Bemühungen um nukleare gehen. Die USA würden einen Seufzer der Erleichterung, und Saudi-Arabien würde den Niedergang der wichtigsten Kämpfer für die Macht in der Region zu feiern. Das ist, warum Robert Fisk denkt, dass der Iran, nicht Syrien, das eigentliche Ziel der Wests ist. Der syrische Präsident Hafez al-Asad (Mitte) mit dem irakischen Vizepräsidenten Saddam Hussein (links), dem algerischen Außenminister Abd al-Aziz Bouteflika (rechts) und dem syrischen Vizepräsidenten Abd al-Halim Khaddam (ganz rechts) Arabische Liga Bagdad-Gipfel. - Source: Das Online-Museum der syrischen Geschichte Aber wird ein Regimewechsel in Syrien sicherstellen, dass die Hisbollah-Versorgung Linien geschnitten Irak fällt zwischen Syrien und Iran und obwohl es ein US-Verbündeten ist es nicht in der Lage oder bereit wäre, sogar zu überprüfen iranischen Flüge angeblich liefern Iranische Waffen nach Syrien. John Kerry schied Nuri al-Malikis Regierung über iranischen Flügen, als er den Irak im März dieses Jahres besuchte. Lesen Sie Aljazeeras Bericht darüber. Ob es den Schia-Bogen zerbricht oder nicht, die meisten Kritiker sind sich einig, dass das Ende der alawitischen Herrschaft durch Jahre des Chaos und des Chaos gefolgt wird. Sind dann die potenziellen strategischen Gewinne das Risiko wert Einige bestehen darauf, dass Israel, und durch die Erweiterung der USA wollen kontrollierte Chaos auf der anderen Seite des konkreten Zauns haben. Aber dann gibt es wenig Zweifel, dass dieses Chaos mehr Gewalt und Extremismus züchten wird. Darüber hinaus hat Israel seit den 1970er Jahren neben den Alawiten überlebt und tatsächlich ist die Gegenwart das einzige Mal in seiner Geschichte, als es am wenigsten von seinem fast ruhenden Nachbarn bedroht wurde. Israel hat sich erfolgreich von seinen Nachbarn isoliert und befestigt. Warum sollte Israel den Wagen in Syrien aufregen, vor allem wenn seine Ergebnisse unvorhersehbar sind, bin ich jedoch nicht der Meinung, dass die Neuausrichtung der Macht in der Region, auf die der Fall des Assad-Regimes folgen wird, keine Gewinner und Verlierer haben wird Ich sehe keine größeren Verschiebungen und sicher nicht diejenigen, die ein großes und riskantes militärisches Unternehmen rechtfertigen könnten. Meine Frage bleibt also, was den US-Angriff auf Syrien treibt Der Krieg Industrie Fall: Die US-Kriegsindustrie will ihre Konkurrenten, Russland aus dem lukrativen Middle Eastern Markt zu vertreiben. Kriege sind Dienstleistungen, Waffen und Munition von einer Industrie, die auf eine Nachfrage-Angebot Gleichgewicht, wie alle anderen Branchen zu tun. Die Welt hat nach dem Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), das seit 1968 ein renommierter globaler Wachhund für Militär und Rüstung ist, im Jahr 2011 knapp 1,756 Milliarden für seine Milizen ausgegeben. Die Größe der Kriegsindustrie in den einzelnen Ländern ist in der Regel Verhältnis zu ihren Ausgaben für ihr Militär. Die USA stehen damit auf der Liste. Von den weltweit 100 größten Rüstungs - und Militärdienstleistern für 2011 (die SIPRI Top 100-Liste) waren 44 in den USA ansässig. Der Hauptkunde dieser Firmen ist ihr eigenes Militär. Lesen Sie hier über die Top 10 Waffenfirmen von 2011. Diese Unternehmen handeln auch ihre Produkte international, nach den Richtlinien ihrer Heimatregierungen. SIPRI berichtet in seinem Jahrbuch, dass der weltweite Waffenhandel im Jahr 2011 mindestens 43 Milliarden betrage und mehr als die Hälfte davon von nur zwei Ländern, den USA und Russland, getätigt wurden. Der Anteil der US-Gesellschaften lag bei 30 Prozent, während Russland mit 26 Prozent den zweiten Platz einnahm. Allerdings ist die Zukunft Aussichten für diese Branche nicht ganz rosig. SIPRI verzeichnete einen Rückgang der weltweiten Militärausgaben im vergangenen Jahr. Vor allem die USA und Europa und der Rest der Welt im Jahr 2008 sahen sich 2008 einer großen Finanzkrise gegenüber, die die Kritiker mit der Großen Depression der 1930er Jahre, die der Zweite Weltkrieg verfolgte, vergleichen konnten. Die Krise hat den Finanzraum erheblich reduziert, da die Regierungen sie dazu zwingen, die Ausgaben zu senken und für Sparmaßnahmen zu sorgen. Die Regierungen Entscheidungen bei der Verringerung der Ausgaben sind durch ihre Politik eingeschränkt - Kürzungen bei der sozialen Wohlfahrt sind nicht beliebt bei ihren Wählern, während sie dont mind Reduktionen in den Militärausgaben. Die globalen Militärausgaben fielen damit im Jahr 2012 real, verglichen mit 2011, und dies ist der erste Rückgang seit 1998. Wichtiger aber ist die regionale Trennung. Das weltweit größte Militärbudget, das der USA, belief sich auf über 700 Milliarden oder 40 Prozent der Welt insgesamt, verzeichnete einen deutlichen Rückgang um 5,5 Prozent und in Mittel - und Westeuropa um 1,6 Prozent. SIPRI stellt fest, dass in anderen Regionen, die Wachstum wie Südasien registriert, gab es eine starke Verlangsamung der Wachstumsrate. Die einzigen Ausnahmen sind der Mittlere Osten und Nordafrika, die ein sehr beeindruckendes Wachstum von 8,3 beziehungsweise 7,8 Prozent verzeichneten. Die beiden Regionen haben kollektiv 154,4 Milliarden für ihre Militärs im Jahr 2012 ausgegeben. Saudi-Arabien und die VAE gehören zu den Top 10 Waffenimporteure der Welt für die fünf Jahre 2008-12. Das Geschäft der großen Rüstungsunternehmen ist zu Hause eingeschränkt und ihre zukünftigen Aussichten sind düster. Ihre Regierungen sind auch besorgt, da diese Branche Millionen von Menschen beschäftigt. Einzelne Unternehmen ergreifen Maßnahmen, um sich gegen Sparmaßnahmen durch militärische Spezialisierung, Downsizing, Diversifizierung und Exporte sowie andere Formen der Internationalisierung zu isolieren. In einigen Fällen haben Unternehmenstöchter Waffen - und Militärdienstleistungen außerhalb der Länder, in denen die Muttergesellschaften ihren Hauptsitz haben, beibehalten oder verstärkt, sagt SIPRI. Der vielversprechende Markt des Nahen Ostens ist der sprichwörtliche Hoffnungsschimmer für die westliche Kriegsindustrie. Sie haben das Geld, die Bereitschaft zu verbringen und sind nicht darauf beschränkt, wie es zu verbringen. Es gibt jedoch ein Problem oder ein Reizmittel, wenn Sie es nennen wollen - Russland. Der alte Feind der USA ist da, um den ganzen Spaß zu verwöhnen. Irak, Syrien und Libyen gehörten zu den Ländern, die mit den Sowjets im Kalten Krieg verbündete. Die Regime in diesen Ländern wurden unterstützt und geliefert von den Sowjets, die Verantwortung wurde später von Russland vererbt. Ihre guten Beziehungen gingen nach dem Ende des Kalten Krieges in den 1990er Jahren weiter. Der Iran trat auch nach der islamischen Revolution von 1979 diesem Club bei. Die Golfstaaten unterstützten die USA im Kalten Krieg uneingeschränkt und ihre Freundschaften haben sich in späteren Jahren weiterentwickelt. Russland exportierte Lebensmittel, Medikamente und Waffen nach Libyen, Syrien, Irak und Iran. Das Land hat einen großen militärischen Komplex, der eine massive Kriegsindustrie mit etwa zwei Millionen Menschen umfasst. Es hat seine militärischen Ambitionen vor kurzem verjüngt. Das staatliche Rüstungsprogramm 201120 sieht weitreichende Reformen seiner Streitkräfte vor. Die steigende Tendenz der russischen Militärausgaben, die 1999 begonnen hatte, beschleunigte sich laut SIPRI im Jahr 2012 mit einem realistischen Anstieg von 16 Prozent deutlich. Im Februar 2012 hat die russische Regierung angekündigt, rund 100 Milliarden bis 2020 zu verbringen, um ihre militärisch-industriellen Komplex zu modernisieren. Nach dem Ende der Sowjetunion bleibt die russische Kriegsindustrie mit einigen Kunden in der Außenwelt belassen, die nicht nur in der Wirtschaft, sondern auch im Hinblick auf ihren schrumpfenden militärischen Einfluß negativ gegen sie ist. Laut einem Bericht der New York Times. Der russische Waffenverkauf an Iran sank von 2,1 Milliarden auf 300 Millionen im Zeitraum 2003-2006 aufgrund von UN-Sanktionen verhängt, aber der Verlust wurde durch mehr Umsatz nach Syrien, deren Aufträge von 2,1 Milliarden in 2003-06 auf 4,7 Milliarden im Jahr 2007 gestiegen kompensiert, 10. Russland verlor vor kurzem einen weiteren großzügigen Klienten - Libyen -, als die Regierung von Muammar al-Gaddafi fiel. Der Chefredakteur von Rosoboronexport, der staatlichen Waffenhandelsgesellschaft von Russland, Wjatscheslaw N. Davidenko, hatte in einem Interview im Jahr 2012 mitgeteilt, dass die neue Regierung in Libyen etwa 4 Milliarden in zuvor vereinbarten Verträgen ausgesetzt hat. Das Ouster des Assad-Regimes wird so einen anderen der russischen Kriegsindustrie große Kunden zerstören. Es wird aus dem Welten lukrativsten Waffenmarkt - Nahen Osten verdrängt werden. Dies wird seine strategische Position in der Region und seine Anerkennung in der globalen Armen Basar schaden. Ein Unternehmensverlust ist ein anderer Gewinn und wenn die Zeiten hart sind, können Sie das dem Zufall überlassen. Ein Handout-Bild von den syrischen Oppositionen Shaam News Network veröffentlicht am 15. Juli 2012 zeigt syrischen Trauernden begraben einen Körper eines Mannes in Baba Amr in der Flashpoint-Stadt Homs. - Photo von AFP Syrien hat eine geschätzte Bevölkerung von 23 Millionen Menschen, etwas weniger als die von Khyber Pakhtunkhwa und mit hunderttausend bereits tot, hat der Konflikt obdachlos gemacht über zwei Millionen, das ist fast jede zehnte Familie. Ein Ende der Gewalt ist Jahre oder Jahrzehnte entfernt. Es wird noch länger dauern, bis sektiererische und tribalische Fissuren gefesselt werden, was angeblich bedeutet, dass eine Generation verschwendet wird. Wer also diesen Krieg gewinnt - die US-Rüstungskonzerne oder der russische Militärkomplex, die saudischen Wahabis oder die iranischen Schiiten, die israelischen Strategen oder die islamischen Militanten -, hat das syrische Volk bereits verloren. Ist dann der Sieg Sache überhaupt Kommentare (104) Geschlossen AbbasToronto Sep 03, 2013 06:27 pm Ein Wendepunkt in der westasiatischen Politik hat erreicht. Der 65-jährige US-Pak-Pakt hat seine Nützlichkeit überlebt. Israel ist eine Haftung für die USA geworden. China ist das neue Kraftpaket in Ostasien Der Star of India beginnt zu setzen Russland wird immer schwächer und verlieren die Bevölkerung durch den Tag 80 Jahre alte US-Unterstützung für die Wahabbi Saudis mit 911 Schiiten sitzen auf 90 Öl im Nahen Osten, und 95 von seinem Wasser Fall von Assad bedeutet Dschihadistische Übernahme und bringt US und Iran näher Neuer Iran-Präsident will Annäherung an den Westen Im nächsten Jahr wird die ME-Karte diesmal anders sein. Shujaat Abbas Sep 03, 2013 06:53 pm Nizza Artikel, gab es tiefe Einblick in regionale Konflikte. Syrien haben bereits ihren Krieg der wirtschaftlichen Entwicklung und des Wohlstands verloren. Die einzige Lösung ist es, Mittlerer Osten Region zu lösen, ohne jede Aggression zu lassen. Sonal Sep 03, 2013 09:13 pm Große Analyse Und sehr unterhaltsam in Teilen. Sie haben die Hypothese vergessen, dass die USA vielleicht verhindern wollen, dass sie weitere terroristische Angriffe auf amerikanischen Boden verhindert und die Welt zu einem sichereren Platz für die Amerikaner macht. Außerdem scheint die Al-Qaida ihre Wurzeln von AfPak nach Syrien und Jemen zu verlagern. Jemand muss die Botschaft aussenden, dass man nicht unschuldige Menschen einfach so töten kann und dafür nicht bestraft wird. Ich denke nicht, dass Luftangriffe die Antwort auf die chemische Waffenprobe sind, denn mehr Menschen werden vermutlich getötet werden, aber die anderen Land ist besser platziert, um diese Nachricht senden kann ich nicht denken. Können Sie Salman Sep 03, 2013 09:39 pm Ein sehr informative Artikel für jemanden, der nicht ein gebürtiger Einwohner von Syrien oder einem der anderen Spieler in der Region beteiligt ist. Ich hoffe, eines Tages eine freiheitliche muslimische Welt zu sehen. Rizwan Sep 03, 2013 09:52 pm Sein NICHT die US - sein Saudia, das alle iranischen unterstützten Regime in der Region beseitigen möchte. Prince Bandar bin Sultan (liebe Bandar Bush von George Bush Senior) sagt, dass die bevorstehende US-Aktion im Einklang mit den Wünschen der Menschen in Syrien, das heißt, was das syrische Volk will. Prince Bandar Bush erinnert sich an ein paar Jahre zurück schickte er in saudische Streitkräfte, um die Rebellion (von Schiiten Mehrheitsbevölkerung) gegen den sunnitischen Monarch Diktator in Bahrain zu unterdrücken Hause kommen Prince Bandar wollte nicht, um die Wünsche der Bharaini Menschen Die US-Flotte zu respektieren War dort verankert und hätte den Bahrainern leicht geholfen. Die Muslime verweigern die westliche Rhetorik und ihre Bemühungen, Sunniten gegen Schiiten auszumerzen, mit Ausnahme des immer treueren westlichen Lapdogs, Saudi-Arabiens, der sich immer noch vehement für die Haltung seines Meisters ausspricht. Iran, Syrien und der Libanon nexus sprachen über in diesem Artikel, wenn man genau betrachtet, obwohl überwiegend Schia versuchen, eine Stimme in der Region für die Freiheit der Palästinenser zu sein, die überwiegend nicht Schiiten sind, lehnt weiter die Vorstellung ab, ob die Kluft wirklich existiert und existiert Wie weit der Westen zu glauben versucht. Paul Sep 03, 2013 10:52 pm Im ein Amerikaner und ich gegen meine Länder Beteiligung in Syrias Bürgerkrieg. Ja, die zivilen Opfer sind herzzerreißend und die Verwendung von chemischen Waffen schockierend. Aber das wäre das x-te Mal, dass Amerika ein muslimisches Land angreift. Im ein Christ und Muslime sind meine Brüder und Schwestern. Nicht mein Feind. Saudi-Arabien, Iran, Irak, Pakistan und andere der allgemeinen Region sollten die Streitigkeiten der Länder der Region lösen. Sie können es tun - im Islam. Anthony Sep 03, 2013 11:06 pm Sehr detaillierte und unvoreingenommene Analyse. Ich denke, Opportunisten wie USA und Russland tun ihre Arbeit, obwohl sie keine Geschäfte hier haben. Russland ignoriert Vergiftungen von Menschen und die USA gehen, um einige mehr zu töten, um es wiederherzustellen. Israel ist zu Recht von seinem Überleben von terroristischen Organisationen wie Hezbolla betroffen. Echter Krieg ist zwischen Saudi und Iran. Einer ist berüchtigt Wahabi Land berüchtigt für seinen schlechten Einfluss in den Nachbarländern und ein anderes ist halb tot und einsamen Schiiten Land auf der Erde warten auf seinen Tod. Einige schamlose Zuschauer sind andere islamische Länder auf der Erde. Diese Länder brechen in Wut aus, als einige Muslime in Myanmar oder Palästina getötet wurden, ohne den Fall richtig zu beurteilen. Warum sie jetzt schweigen. Sind die gestorbenen in Syrien nicht Muslime Cant sehen sogar eine friedliche Rallye. Eine gute Option ist. Lassen Sie Russland helfen Asad Regime und USA bleibt still, um Syrias Schia-Regime zu gedeihen, die zu Schiiten-Sunnitischen Konflikt im Nahen Osten führen wird. Führt letztlich zum Weltfrieden. Ahmedj Sep 03, 2013 11:18 pm Die Antwort liegt mit dem berühmten Zitat Axis of Evil und dem Artikel Blood Borders von einem anwesenden CIA und Ex US Army Colonel. Die Erzählung beginnt mit dem Irak und endet mit Pakistan. Faroukh Bhandara Sep 04, 2013 14:05 pm Als ich jung war, versuchte ich, eine Gruppe von jungen Teenagern, die sich als hart geglaubt zu verbinden. Sie würden versuchen, Kämpfe jeden Freitag nach Gebete abzuholen, da sie glaubten, dass dies erforderlich war, um sich kampfbereit zu halten. Sie würden mich nicht abholen, weil sie mir nicht vertrauen, dass ich quieken würde, da einige meiner Familie in der Polizei waren. Die USA sind nicht anders. Es verbringt eine riesige Menge an seinen Streitkräften und wie die jugendlichen Bandenmitglieder glauben sie, dass sie Kriege erfinden müssen, um kämpferisch fit zu bleiben. Es gibt andere Möglichkeiten, um loszuwerden, Assad, aber das würde zu viel Sinn machen. Faroukh Bhandara 4. September 2013 02.09 Es war selbst zu Komplizen in vielen solcher Vorfälle in der jüngsten Vergangenheit und die Tötung von einigen hundert Zivilisten in dieser Region nicht immer ähnliche Antworten von ihm aufgerufen. Welche in der jüngsten Vergangenheit Tahir mehdi das letzte Mal die US-Chemikalien verwendet wurde in Vietnam. Anna Tahir Sep 04, 2013 02:35 pm Dies ist eine reine Verschwörung, wenn die USA ist so rein in helfende Nationen Warum nicht helfen sie Menschen in Bahrain, wo govt ist ständig töten. Die Menschen in Saudi-Arabien brauchen auch Hilfe als eine einzige Familie saugt alle ihren Reichtum. In Ägypten warf ein Diktator eine gewählte demokratische Regierung aus. Hat Amerikaner eine spezielle Brille, die diese Gräueltaten nicht sehen kann. Wo sind die Waffen der Massenvernichtung, die sie im Irak entdeckten, hätten sie den Irak und Afghanistan durch Teppichbombenangriffe befreit. Die Welt ist nicht Narr wusste jeder ihrer Agenda Mian Mutti 4. September 2013 16.03 Warum 100 k (meist zivilen Menschen) keinen Wert hervorgehoben werden muss, und auch in diesem Artikel, um zu protestieren Warum sie brutal getötet werden, und wenn USA Angriff jetzt jeder hat Sympathie mit syrischen Schia Regierung. Bis Heuchelei existiert, wird es passieren, dass mit der syrischen Regierung passieren wird. Warum Rebellen ihre Gegenstücke in den chemischen Waffenangriffen töten, wird es bewiesen, dass diese von der syrischen Regierung waren. GROSSER PAKISTAN Sep 04, 2013 04:47 pm Sonal: Ich grüße deine Weisheit. Erste alciada war in Afghanistan, als der Irak, Libyen. Versuchte in Pakistan hart, aber gescheitert als nach Syrien und Jemen bewegt. Nach Ihrer Analyse wird es neben dem Iran zu bewegen. Ist es nicht. (Wenn es einen Willen gibt, gibt es einen Weg) oOOPs Nope (Wenn du Feind bist, gibt es alciada) was ist mit dem Rapist Al-Qaida in Indien. Edwardian Sep 04, 2013 05:30 pm Sie können täuschen alle Menschen einige der Zeit, und einige der Menschen die ganze Zeit, aber man kann nicht täuschen alle Menschen die ganze Zeit Abraham Lincoln. George W. Bush jr, nahm die Welt zum Krieg auf falsche Bitte von Waffen der Massenvernichtungen. Er hat jeden getäuscht. Obama der Friedensnobelpreisträger muss mit seinem Gehirn denken und seine nächste Aktion vergleichen, während er an seine ehemaligen Präsidenten denkt. Soldat Gottes Sep 04, 2013 08:27 pm Ägyptische Regierung getötet Hunderte von unbewaffneten Demonstranten an einem einzigen Tag. Niemand fragte nach der ausländischen Intervention. Obwohl es einfach einfach war, dass die ägyptische Regierung das getan hat. Während im Fall von Syrien, seine noch nicht bewiesen, dass die syrische Regierung durchgeführt chemischen Waffen Angriff auf schwer bewaffnete Rebellen. So ist der Einsatz der chemischen Waffe Angriff die einzige Anforderung, ein Land anzugreifen. Wenn man bedenkt, dass es noch nicht bewiesen ist. Amerikaner und ihre Verbündeten brauchen einfach keine Logik, um Regierungen auf der ganzen Welt anzugreifen oder zu manipulieren. Aber glauben Sie mir, es wird ihre letzte Fehler im Nahen Osten sein, Syrien angreifen, da Syrien die Unterstützung des Iran und Hizbullah hat, die ihre Wirksamkeit in der Schlacht bei Wiedererlangung der Kontrolle der Grenzstadt Al-Qusyr von den Rebellen bewährt hat. Im Falle eines amerikanischen Angriffs auf Syrien, wünsche ich amerikanischen Soldaten kommen Boden Kampf und Gesicht der Musik die Musik und eine demütigende Niederlage zum ersten Mal im Nahen Osten. BEA Sep 04, 2013 08:50 pm TALAS: Wo hast du gelesen, dass Müll von Ihnen muss zu viele amerikanische Zeitungen zu lesen. US suchen einen Kampf, und wenn sie in Syrien gehen werden sie es bereuen, wie Russland und Iran als Beleidigung der USA ging in den Irak nehmen sagen, dass sie WMD hatte, wenn sie es nicht taten und gegen den Rat der Vereinten Nationen jetzt wollen sie tun Die gleiche Sache in Syrien zumindest die UK wird nicht gehen, wie sie dagegen stimmten. Ich verstehe einfach nicht wnat ist falsch mit den USA, die gestorben und machte sie Gott. Asif AK Sep 05, 2013 13:20 Uhr Informativ in der Tat. Gerade Nahrung für Gedanken US konnte es tun, um seine Armee strategisch innerhalb der asiatischen Region zu halten. Wie mit Blick auf schwere Abgabe auf ihre Entscheidung, die Drohnenangriff ist, US-Armee in Afghanistan noch etc. Und auch diese Art und Weise werden sie mehr Verbreitung ihrer Armee in Asien errichtet werden und leicht angreifen kann oder aus China und Russland im Falle eines Krieges zu verteidigen. Saeed Lakho Sep 05, 2013 04:16 pm Es spiegelt eine sehr schöne in der Tat wahres Bild des realen Problems mit der syrischen Nation als Ganzes. Mida Sep 05, 2013 04.31 Uhr Isadora: Israel ist einer der schlimmsten Menschenrechtsverletzer dieses und des letzten Jahrhunderts. Wenn die USA eine solche Verfechterin der Menschenrechte sind, dann muss die erste militärische Intervention in Israel sein. Der Tag, an dem die USA mit militärischen Aktionen auf Israel voranschreiten, das ist der Tag, an dem wir vernünftigen Menschen denken könnten, dass die USA tatsächlich das Gute des Niedergeschlagenen im Herzen haben können. Bis dann. Mohsin Sep 05, 2013 05:48 pm Mustafa: Der Artikel ist aus der Sicht einer bestimmten Sekte, mit nur verzerrten und unvollständigen Tatsachen voreingenommen. Was für ein Bugger. Mida: Israel ist das zivilisierte Land im Nahen Osten. Nehmen Sie Ihre blinders weg und schauen auf alle Diktatoren, die Sie Ihre Brüder nennen. Sie haben kein Wissen über Israel außer dem, was in you. Dalam Bahasa Indonesia gehirngewaschen wurde Telah selalu dipakai kata modern, modernisasi, dan modernisme, seperti Yang terdapat umpamanya dalam 8220Aliran-Aliran dalam Islam8221 dan 8220Islam dan Modernisasi8221. Kemajuan lmu pengetahuan dan teknologi modern memasuki dumnia Islam terutama sesudah pembukaan abad ke -19 M yang dalam sejarah Islam dipandang sebagai permulaan periode Modern. Maju Mundurnya Umat Islam dalam Sejarah Sebagaimana telah disebut pembaharuan dalam Islam timbul dalam periode sejarah Islam yang disebut modern dan mempunjyai tujuan untuk membuat umat Islam kepada kemajuan. Dalam faris besarnya sejarah Islam dapat dibagi ke dalam tiga periode besar Klasik, Pertengahan, dan Modern. Periode klasik (650 - 1250 M) merupakan zaman kemajuan dan dibagi menjadi 2 fase. Pertama, fase ekspansi, integrasi, dan puncak kemajuan (650 - 1250 M). Di zaman inilah daerah Islam meluas melalui Afrika Utara sampai ke Spanyol di barat dan melalui Persia sampai ke India Timur. Di masa ini pula berkembang dan memuncak ilmu pengetahua, baik dalam bidang agama maupun bidang non agama, dan kebudayaan Islam. Zaman inilah yang menghasilkan ulama8217-ulama8217 besar seperti Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam Syafi8217I, dan Imam Ibnu Hambal, dalam bidang hokum, Imam Al-Asy8217ari, Imam Al-Maturidi, pemu. ka-pemuka Mu8217tazilah seperti, Wasil bin 8216Ata, Abu al-Huzaib, Abu an-Nazam, dan al - Juba8217I dalam bidang teologi, Zunnun al-Misri, Abu Yazid al-Bustami, dan al-Hallaj, dalam mitisisme atau tasawuf, al-Kindi, al-Farabi, Ibnu Sina, dan Ibnu Maskawaih dalam filsafat, dan Ibn al-Haisam, Ibn Hayyan, Al-Khawarizmi, Al-Ma8217udi, dab Ar 8211 Razi dalam bidang ilmu pengetahuan. Kedua, fase disintregasi (1000-1250 M), di masa ini keutuhan umat Islam dalam bidang politik mulai pecah, kekuasaan khalifah menurun dan akhirnya Baghdad dapat dirampas dan dihancurkan oleh Hulagu di tahun 1258 M. Khalifah sebagai lambang kesatuan politik umat Islam hilang. Periode pertengahan (1250-1800 M) juga dibagi dalam 2 fase. Pertama, fase kemunduran (1250-1500 M). Di zaman ini didentralisasi dan disintegrasi bertambah meningkat. Perbedaan di antara Sunni dan Syi8217ah dan demikian juga antara Arab dan Persia bertambah nyata kelihatan. Dunia Islam terbagi dua, bagian Arab yang terdiri atas Arabia, Irak, Suriah, Palestina, Mesir, dan Afrika Utara dan bagian Persia yang terdiri atas Balkan, Asia Kecil, Persia, dan Asi Tengah dengan Iran sebagai pusat. Kedua, fase 3 kerajaan besar (15000-1800 M) yang dimulai dengan zaman kemajuan (1500-1700 M) dan zaman kemunduran (1700-1800 M). Tiga kerajaan besar yang dimaksud ialah Kekuasaan Ustmani (Ottoman Empire) di Turki, Kerajan Safawi di Persia, dan Kerajaan Mughal di India. Di zaman kemunduran, kerajaan Ustmani terpukul di Eropa, Kerajaan Safawi dihancurkan oleh serangan suku bangsa Afghan, Kerajaan Mughal diperkecil oleh pikiran-pikiran raja-raja India. Kekuatan militer dan kekuatan politik umat Islam menurun. Akhirnya Napoleion di tahun 1798 M menduduki Mesir sebagai salah satu pusat Islam yang terpenting. Periode Modern (1800 M - sekarang), merupakan zaman kebangkitan umat Islam. Jatuhnya Mesir ke tangan barat menginsafkan dunia Islam akan kelemahannya dan menyadarkan umat Islam bahwa di barat telah timbul peradaban baru yang lebih tinggi dan merupakan ancaman bagi Islam. Raja - raja dan pemuka - pemuka Islam mulai memikirkan bagaimana meningkatkan mutu dan kekuatan umat Islam kembali. Di periode modern ini lalu timbulnya ide - ide pembaharuan dalam Islam. 1 ILMU KALAM MASA KINI HARUN NASUTION, RASYIDI, HASAN HANAFI, dan ISMAIL FARUQI 1. Riwayat Hidup Harun Nasution Harun Nasution lahir di Pematang Siantar, Sumatra Utara, 23 September 1919. Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat dasar Hollandsch 8211 In 8211 Landsche School (HIS), ia melanjutkan studi Islam ke tingkat menengah yangbersemangat modernis, Moderne Islamietische Kweekschool (MIK). Karena desakan orang tua ia meninggalkan MIK dan pergi belajar ke Saudi Arabia. Di negeri gurun pasir ini tidak tahan lama dan memilih orang tuanya agar bisa pindah studi ke Mesir. Di negeri Sungai Nil ini Harun mula-mula mendlama Islam di Fakultas Ushuludin, Universitas Al 8211Azhar, namun ia merasa tidak puas dan kemudian pindah ke Universitar Amerika (Kairo). Di universitas ini, Harun tidak mendalami Islam, tetapi ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu social. Selama beberapa tahun sempat bekerja di perusahaan Saraski dan kemudian di Konsulat Indonesia karena setamat dari Universitas tersebut dengan ijazah B. A. di kantongnya. Dari Konsulat itulah, putra Batak yang mempersuntng seorang Putri dari Negeri Mesir ini, memulai karir diplomatiknya. Dari Mesir, ia ditark ke Jakarta kemudian diposkan sebagai sekretaris pada Kedutaan Besar Indonesia di Brussel. Situasi politk dalam negeri Indonesia pada tahun 60-an membuatnya mengundurkan diri pada karir diplomatic dan kembali ke Mesir. Di mesir ia kemmbali menggeluti dunia ilmu di sebuag sekolah tinggi studi Islam, di bawah bimbingan salah seorang ulama8217 fiqih Mesir terkemuka, Abu Zahrah. Ketika belajar, di sinilah Harun mendapat tawaran untuk mengambil Studi Islam di Universitas McGill, Kanada. Untuk tingkat Magister di Universitas ini, ia menulis tentang 8220Pemikiran Negara Islam di Indonesia8221. dan untuk disertai Ph. D. ia menulis tentang 8220Posisi Akal dalam Pemikiran Teologi Muhammad Abduh 8220. Setelah meraih doctor, Harun kembali ke tanah air dan mencurahkan perhatiannya pada pengembangan pemikiran Islam lewat IAIN. Ia sempat menjadi rector IAIN Jakarta selama 2 periode (1974-1982). Kemudian ia memelopori pendirian pascasarjana unruk Studi Islam di IAIN. 2 Bukankah secara kebetulan bila Harun Nasution memilih problematika akal dalam system teologi Muhammad Abduh sebagai bahan kajian desertasinya d Universitas McGill, Montreal, Kanada. Besar kecilnya peranan akal dalam system teologi suatu aliran sangat menentukan dinamis atau tidaknmya pemahaman seseorang tentang ajaran Islam. Berkenaan dengan akal ini, Harun Nasution menulis demikian, 8220 Akal melambangkan kekuatan manusia. Karena akallah, manusia mempunyai kesanggupan untuk menaklukkan makhluk lain sekitarnya. 3 Pemakaian akal dalam sejarah Islam bukan terjadi dalam soal 8211 soal keduniaan asaja, tetapi juga dalam soal-soal keagamaan sendiri. Karena Karena ayat-ayat al-Qur8217an yang mengandung masalah keimanan, ibadah, dan hidup kemasyarakatn manusiadikenal dengan muamalah, berjumlah kurang lebih hanya 500 ayat, dan itupun pada umumnya datang dalam bentuk prinsip-prinsip dang garis-garis besar tanpa penjelasan lebih lanjut melalui perincian maupun cara pelaksanaannya, maka akal banyak dipaka dalam masalah iman, ibadah, dan muamalah. Pemaikaian akal yang dilakukan ulama8217 terhadap teks ayat al-Qur8217an dan hadis disebut jtihad, dan ijtihad 8211 tegasnya pemikiran 8211 merupakan sumber ketiga dalam Islam. Jelasnya, sumber ajaran Islam adalah al-Qur8217an, hadis, dan akal. 4 Yang dikemukakan di sini adalah dasar-dasar teologis fundamental yang akan meliputi pembahasan tentang Tuhan, alam, dan manusia, Tuhan adalah prinsip awal dari segala yang ada. Ia wajib adanya, sedangkan selain 8211 Nya yang biasa disebut alam dan makhluk adalah mungkin adanya. Alam semesta bukanlah realitas terakhir sebagaimana yang disangkakan para lmuwan alam yang sekuler. Alam semesta tak lain hanyalah tanda-tanda dari kekuasaan dan kebesaradaan Tuhan, satu-satunya ansitas yang patut disebut realitas terakhir (The Ultimate Reality) . Secara biologis manusia adalah makhluk yang paling sempurna. Ia merupakan hasil akhir dari proses penciptaan evolusi dalam semesta. Manusia adalah makhluk dua dimensional. Di satu pihak ia terbuat dari tanah yang menjadikannya makhluk fisik, di pihak lain ia juga makhluk spiritual karena ditiupkannya ruh Tuhan. Dengan demikian manusia menduduki posisi yang unik antara alam semesta dan Tuhan, yang memungkinkan berkomunikasi dengan keduanya. 5 Pembaharuan teologi, yang menjadi predikat Harun Nasution, pada dasarnya dibangn atas asumsi bahwa keterbelakangandan kemunduran umat Islam Indonesia (juga dimana saja) adalah disebabkan 8220ada yang salah8221 dalam teologi mereka. Pendangan ini serupa dengan pandangan kaum modernis lain pendahulunya (Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, Al - Afghani, Sayid Amer Ali, dan lainnya) yang memandang perlu untuk kembali kepada teologi Islam yang sejati. Dengan demikian, jika hendak mengubah nasib umat Islam, menurut Harun Nasution, umat Islam hendaklah mengubah teologi mereka menuju teologi yang berwatak free-will . rasional, serta mandiri. 6 Akal mempunyai kedudukan tinggi dalam al-Qur8217an. Dalam pemikiran Islam baik di bidang filsafat dan ilmu kalam, apalagi di bidang fiqih, akal tidak pernah membatalkan wahyu. Akan tetap tunduk kepada teks wahyu. Akal dipakai untuk memahami teks wahyu. 7 Nalar dan Wahyu Dilihat sepintas, filsafat tidak berguna di samping agama. Mengapa Karena filsafat adalah usaha akal manusia, sedangkan agama berdasarkan wahyu Tuhan. Dan seperti yang ditulis Harun Nasution, 8220 Pengetahuan yang dibawa wahyu diyakini bersifat absolute dan mutlak benar, sedangkan pengetahuan yang diperoleh akal berfikir relative, mungkin benar dan mungkin salah.8221 8 1. Riwayat H. M. Rasyidi Dalam konteks kajian akademik Islam Indonesia, orang akan sulit mengesampingkan H. M. Rasyidi, lulusan lembaga pendidikan Islam di Mesir yang melanjutkan ke Paris, dan kemudian memperoleh pengalaman mengajar di Kanada. Lepas dari retorika-retorika anti baratnya, orang tak akan luput mendapati bahwa hampi keseluruhan konstruksi akademiknya dibangun atas dasar unsure-unsur yang ia dapatkan dari Barat. Dialah yang berpengaruh dalam usaha mengirimkan para lulusan IAIN atau sarjana lainnya ke Montreal sehingga banyak orang yang benar-benar berterima kasih kepadanya. Dan apa yang telah dirintisnya itu kemudian diteruskan dalam skala yang lebih besar dan penuh harapan oleh Munawir Sjadzali. 9 2. Pemikiran Kalam H. M. Rasyidi Pemikiran kalam Rasyidi dapat ditelusuri dari kritkan-kritikan yang dialamatkan kepada Harun Nasution dan Nurcholis Madjid. Tentang Perbedaan Ilmu Kalam dan Teologi Rasyidi menolak pandangan Harun Nasution yang menyamakan pengertian ilmu kalam dan teologi. Menurunya, orang Barat memakai istilah teologi untuk menunjukkan tauhid atau kalam karena mereka tak memiliki istilah lain. Salah satu tema ilmu kalam Harun Nasution yang dikritik Rasyidi adalah deskripsi aliran-aliran kalam yang sudah tidak relevan lagi dengan kondisi umat Islam sekarang, khususnya di Indonesia. Untuk itu, Rasyidi berpendapat bahwa menonjolkan perbedaan penndapat Asya8217ariyah dan Mu8217tazilah, sebgaimana dilakukan Harun Nasution, akan melemahkan iman para mahasiswa. Bagian ini adalah kritikan Rsayidi terhadap diskripsi iman yang diberikan Nuschols Madjid, yakni 8220percaya dan menaruh kepercayaan kepada Tuhan. Dan sikap apresiatif kepada Tuhan merupakan inti pengalaman keagamaan seseorang. Sikap ini disebut takwa. Takwa diperkuat dengan kontak yang kontinu dengan Tuhan. Apresiasi ketuhanan membutuhkan kesadaran ketuhanan yang menyeluruh, sehingga menumbuhkan keadaan bersatunya hamba dengan Tuhan.8221 Perlu dijelaskan di sini bahwa bersatunya seseorang dengan Tuhan tidak merupakan aspek yang mudah dicapai, mungkin hanya seorang saja dari sejuta orang. Jadi, yang lebih penting dari aspek penyatuan itu adalah kepercayaan, ibadah, dan kemasyarakatan. 10 Hanafi dilahirkan pada tanggal 13 Februari 1935 di Kairo. Ia berasal dari keluarga musisi. Pendidikannya diawali pada tahun 1948 dengan menamatkan pendidikan tingkat dasar, dan melanjutkan studinya di Madrasah Tsanawiyah Khalil Agha, Kairo yang diselesaikannya empat tahun. 11 HasanHanafi adalah seorang intelektual sekaligus ideolog muslim berkebangsaa Mesir yang sangat produktif. Meskipun di negaranya sendiri ia kurang diterima bahkan dikecam oleh kelompok Islam 8211 yang oleh Komarudin Hidayat disebut konservatis 8211 skripturalis - ia sempat meluangkan gagasan-gagasannya dalam buku-buku yang rata-rata ditulis dengan amat serius dan memenuhi standar akademis. Semua karya Hanafi tersebut adalah serangkaian pekerjaan besarnya yang disebut dengan istilah proyek tradisi dan pembaharuan (al 8211Turatswa al - Tajdid) 12 . B. Pemikiran Kalam Hasan Hanafi 1. Kritik Terhadap Teologi Tradisional Masyarakat terbagi ke dalam 2 tipe. Pertama, masyarakat tradisional dimana tradis menjadi sumber inspirasi, menjadi pembawa system-sistem nilai dan suatu argument bagi otoritas. Masyarakat di Asia, Afrika, dan Amerika Latin adalah bagian dari tipe ini, dimana tradisi menjadi aliran utama dalam kesadaran bersejarah. Dalam masyarakat ini, perkembangan tidak bisa terjadi tanpa mempertimbangkan tradisi-tradisi kehidupan yang memberi weltanschauung pada mayarakat dan menentukan penggerak mereka untuk bertindak 13 Sebuah sekte kepercayaan bukanlah kehendak doktrin yang sederhana, tetapi ini diambil oleh sebuah sekte (firqah), sebuah kukuasaan politik baik itu di dalam opsisi atau di dalam otoritas. Ada 3 macam oposisi. underground . bekerja dari dalam (Syi8217ah), aboveground, yang bekerja dari luar (Khawarij), dan mereka yang bekerja dari luar juga dari dalam (Mu8217tazilah). 14 Dalam gagasannya tentang rekronstruksi tradisional Hanafi menegaskan perlunya mengubah orientasi perangkat konseptual system kepercayaan sesuai dengan perubahan konteks politik yang terjadi. Secara praktis, Hanafi juga menunjukkan bahwa teologi tradisional tidak dapat menjadi sebuah 8220pandangan yang benar-benar hidup8221 dan memberi motivasi tindakan dalam kehidupan konkret umat manusia. Secara praktis, teologi tradisional gagal menjadi ideology yang sungguh - sungguh fungsional bagi kehidupan nyata masyarakat muslim. 15 2. Rekontruksi Teologi Melihat sisi-sisi kelemahan teologi tradisional, Hanafi lalu mengajukan saran rekontruksi teologi. Langkah melakukan rekontruksi teologi dilatar belakangi oleh tiga hal. Pertama, kebutuhan akan adanya sebuah ideology yang jelas di tengah-tengah pertarungan global antara berbagai teologi. Kedua, pentingnya teologi baru ini bukan semata pada sisi teoritisnya, melainkan juga terletak pada kepentingan praktis untuk secara nyata mewujudkan teologi sebagai gerakan dalam sejarah. Ketiga, kepentingan teologi yang bersifat praktis yaitu secar nyata diwujudkan dalam realitas melalui realisasi tauhid dalam dunia Islam. Selanjutnya Hanafi menawarkan dua hal untuk memeperoleh kesempurnaan teori ilmu dalam teologi Islam yaitu. Pertama, analisis bahasa, bahasa serta istilah-istilah dalam teologi tradisional adalah warisan nenek oyang di bidang teologi, yang merupkan bahasa khas yang seolah-olah menjadi ketentuan sejak dulu. Kedua, analisis realitas, analisis ini dilakukan untuk mengetahui latar belakang histories-historis munculnya teologi di masa lalu, dan berguna untuk menentukan kea rah mana teologi kontemporer harus diorientasikan. 16 Teologi Klasik dan Teologi Pembebasan Secara klasik, teologi atau corak kalam Hasan Hanafi lebih dekat kepada Mu8217tazilah, dengan cirri-ciri sebagai berikut. Dalam menggunakan akal, Hanafi yakin bahwa akal mampu memecahkan berbagai persoalan kehidupan manusia. Wahyu dalam teologi Mu8217tazilah berfungsi srbagai pandang akal, karena tidak semua yang baik dan buruk dapat diketahui akal. Kehendak bebas dan takdir. Menurut Hanafi jika manusia ada menrut kehendaknya, tidak mungkin ia akan memahami determinisme. Teori perbuatan. Hanafi berpendapat bahwa manusia bertanggung jawab sepenuhnya atas perbuatan-perbuatan yang dilakukannya di dunia. Kehidupan ssudah mati. Umumnya, para ulama8217 berpendapat bahwa surga dan neraka itu abadi. Kenabian. Adanya nabi bagi Hanfi bukanlah sesuatu yang wajib. 17 1. Riwayat Singkat Ismail Faruqi Ismail Raj8217I al 8211 Faruqi adalah cendekiawan yang produktif memformulasikan Islam bagi kemajuan di masa modern. Ia lahir pada tanggal 1 Januari 1921 di Jaffa, Palestina, Pendidikan awalnya di tempuh di College de Freres sejak tahun 1926-1936. Gelar sarjana muda dalam bidang filsafat diraihnya di American University di Birut 1941. al - Faruqi kemudian menjadi pegawai pemerintahan Pelestina yang berada di bawah mandate Inggris selama 4 tahun, dan kemudian menjadi gubernur Galilee yang terakhir. Dengan jatuhnya provins ini ke tangan Israel tahun 1947, al - Faruqi memutuskan berghijrah ke Amerika pada tahun 1948. Tahun 1949, al-Faruqi memulai karir akademisnya di AS dengan meraih gelar M. A. dalam bidang filsafat dari Indiana University dengan tesisnya berjudul 8220 Tenyang Pembenaran Tuhan. Metafisika dan Epistemologi.8221 Dari universitas yang sama, ia memperoleh gelar doctor pada tahun 1952. Al-Faruqi mulai mengajar di McGillUniversity, Kanada, tahun 1959, dan secara intensif ia mempelajari Yudaisme dan Kristen. Tahun 1961 sampai 1963, al-Faruqi pindah ke Karachi, Pakistan, untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan Central Institute for Research dan jurnalisme Islamic Studies. Saat kembali ke AS, al-Faruqi mengajar di School of Divinity, Universitas of Chichago, dan selanjutnya memulai program Islam di Syrakus University, New York. Tahun 1968 ia pindah ke Temple University, Philadelphia, sebagai guru besar agama dan mendirikan pusat kajian Islam. Ia menetap di universitas ini sampai akhir hayatnya. Hidup Ismail Faruqi berakhir tragis setelah ia dan isterinya, Lamya Faruqi, secara brutal dibunuh pembunuh gelap di rumahnya di Philadelphia apada tanggal 27 Mei 1986. Beberapa pengamat menduga bahwa pembunuhan itu dilakuakan oleh Zionis Yahudi karena proyek Faruqi yang dikerjakan intens untuk kemajuan Islam. 2. Pemikiran Kalam Al-Faruqi Tauhid sebagai inti pengalaman agama Tauhid sebagai pandangan dunia Tauhid sebagai intisari Islam Tauhid sebagai prinsip sejarah Tauhid sebagai prinsip pengetahuan Tauhid sebagai prinsip metafisika Tauhid sebagai prinsip etika Tauhid sebagai prinsip tata social Tauhid sebagai prinsip ummah Tauhid sebagai prinsip keluarga Tauhid sebagai prinsip tata politik Tauhid sebagai prinsip tata ekonomi Tauhid sebagai prinsip estetika 18 Sekarang telah lebih dari searus lima puluh tahun semnjak usaha 8211 usaha pembaharuan dimulai pada pembukaan abad ke 8211 19. Hasil Hasil pemikiran para pemimpim pembaharuan yang pada mulanya mencapai tantangan telah banyak diamalkan terutamanya pada abad ke-20 ini. Proses pembaharuan yang terjadi di kalangan umat Ialam akan terus berjalan sepanjang zaman. Islam tidak menghalangi pembahruan yang tidak melanggar ketentuan-ketentuan yang dibawa wahyu. 19 Rozak, Abdul, M. Ag. Anwar Rosihon, M. Ag, Ilmu Kalam . CV. Pustaka Setia, Bandung. 2010 Nasution, Harun, DR. Pembaharuan dalam Islam, Sejarah dan Gerakan . PT. Bulan Bintang. 1992 Nasution, Harun, Pembaharuan dalam Islam . PT. Bulan Bintang. 2003 Nasution Harun, DR. Islam Rasional, Gagasan dan Pemikiran . Mizan. 1996 Saefudin, Didin, Pemikiran Modern Pot Modern Islam Biografi 17 Tokoh . PT. Grasindo Jakarta, 2003 Kertanegara, Mulyadi, Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution, Ciputat Pers. 2002 Hasan Hanafi, Profesor filsafat di Cairo University, Bongkar Tafsir, Liberalisasi, Revolusi, Hermeneutik . Prisma Sophie. 2005 1 Harun Nasution, 8220Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan8221, 3-6 2 Harun Nasution, 8220Islam Rasional, Gagasan dan Pemikiran8221, 5-6 3 Abdul Razak, Rosihun Anwar, 8220Ilmu Kalam8221, 241 4 Harun Nasution, 8220 Islam Rasional. Gagasan dan Pemikiran8221, 56 5 Mulyadi Kertanegara, 8220Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution, 97 - 104 6 Abdul Razak, Rosihun Anwar, 8220Ilmu Kalam8221, 242 8 Franz Magnis Suseno, 8220Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution, 126 9 Abdul Razak, Rosihun Anwar, 8220Ilmu Kalam8221, 238Dalam bahasa Indonesia telah selalu dipakai kata modern, modernisasi, dan modernisme, seperti yang terdapat umpamanya dalam 8220Aliran-aliran dalam Islam8221 dan 8220Islam dan Modernisasi8221. Kemajuan lmu pengetahuan dan teknologi modern memasuki dumnia Islam terutama sesudah pembukaan abad ke -19 M yang dalam sejarah Islam dipandang sebagai permulaan periode Modern. Maju Mundurnya Umat Islam dalam Sejarah Sebagaimana telah disebut pembaharuan dalam Islam timbul dalam periode sejarah Islam yang disebut modern dan mempunjyai tujuan untuk membuat umat Islam kepada kemajuan. Dalam faris besarnya sejarah Islam dapat dibagi ke dalam tiga periode besar Klasik, Pertengahan, dan Modern. Periode klasik (650 - 1250 M) merupakan zaman kemajuan dan dibagi menjadi 2 fase. Pertama, fase ekspansi, integrasi, dan puncak kemajuan (650 - 1250 M). Di zaman inilah daerah Islam meluas melalui Afrika Utara sampai ke Spanyol di barat dan melalui Persia sampai ke India Timur. Di masa ini pula berkembang dan memuncak ilmu pengetahua, baik dalam bidang agama maupun bidang non agama, dan kebudayaan Islam. Zaman inilah yang menghasilkan ulama8217-ulama8217 besar seperti Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam Syafi8217I, dan Imam Ibnu Hambal, dalam bidang hokum, Imam Al-Asy8217ari, Imam Al-Maturidi, pemu. ka-pemuka Mu8217tazilah seperti, Wasil bin 8216Ata, Abu al-Huzaib, Abu an-Nazam, dan al - Juba8217I dalam bidang teologi, Zunnun al-Misri, Abu Yazid al-Bustami, dan al-Hallaj, dalam mitisisme atau tasawuf, al-Kindi, al-Farabi, Ibnu Sina, dan Ibnu Maskawaih dalam filsafat, dan Ibn al-Haisam, Ibn Hayyan, Al-Khawarizmi, Al-Ma8217udi, dab Ar 8211 Razi dalam bidang ilmu pengetahuan. Kedua, fase disintregasi (1000-1250 M), di masa ini keutuhan umat Islam dalam bidang politik mulai pecah, kekuasaan khalifah menurun dan akhirnya Baghdad dapat dirampas dan dihancurkan oleh Hulagu di tahun 1258 M. Khalifah sebagai lambang kesatuan politik umat Islam hilang. Periode pertengahan (1250-1800 M) juga dibagi dalam 2 fase. Pertama, fase kemunduran (1250-1500 M). Di zaman ini didentralisasi dan disintegrasi bertambah meningkat. Perbedaan di antara Sunni dan Syi8217ah dan demikian juga antara Arab dan Persia bertambah nyata kelihatan. Dunia Islam terbagi dua, bagian Arab yang terdiri atas Arabia, Irak, Suriah, Palestina, Mesir, dan Afrika Utara dan bagian Persia yang terdiri atas Balkan, Asia Kecil, Persia, dan Asi Tengah dengan Iran sebagai pusat. Kedua, fase 3 kerajaan besar (15000-1800 M) yang dimulai dengan zaman kemajuan (1500-1700 M) dan zaman kemunduran (1700-1800 M). Tiga kerajaan besar yang dimaksud ialah Kekuasaan Ustmani (Ottoman Empire) di Turki, Kerajan Safawi di Persia, dan Kerajaan Mughal di India. Di zaman kemunduran, kerajaan Ustmani terpukul di Eropa, Kerajaan Safawi dihancurkan oleh serangan suku bangsa Afghan, Kerajaan Mughal diperkecil oleh pikiran-pikiran raja-raja India. Kekuatan militer dan kekuatan politik umat Islam menurun. Akhirnya Napoleion di tahun 1798 M menduduki Mesir sebagai salah satu pusat Islam yang terpenting. Periode Modern (1800 M - sekarang), merupakan zaman kebangkitan umat Islam. Jatuhnya Mesir ke tangan barat menginsafkan dunia Islam akan kelemahannya dan menyadarkan umat Islam bahwa di barat telah timbul peradaban baru yang lebih tinggi dan merupakan ancaman bagi Islam. Raja - raja dan pemuka - pemuka Islam mulai memikirkan bagaimana meningkatkan mutu dan kekuatan umat Islam kembali. Di periode modern ini lalu timbulnya ide - ide pembaharuan dalam Islam. 1 ILMU KALAM MASA KINI HARUN NASUTION, RASYIDI, HASAN HANAFI, dan ISMAIL FARUQI 1. Riwayat Hidup Harun Nasution Harun Nasution lahir di Pematang Siantar, Sumatra Utara, 23 September 1919. Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat dasar Hollandsch 8211 In 8211 Landsche School (HIS), ia melanjutkan studi Islam ke tingkat menengah yangbersemangat modernis, Moderne Islamietische Kweekschool (MIK). Karena desakan orang tua ia meninggalkan MIK dan pergi belajar ke Saudi Arabia. Di negeri gurun pasir ini tidak tahan lama dan memilih orang tuanya agar bisa pindah studi ke Mesir. Di negeri Sungai Nil ini Harun mula-mula mendlama Islam di Fakultas Ushuludin, Universitas Al 8211Azhar, namun ia merasa tidak puas dan kemudian pindah ke Universitar Amerika (Kairo). Di universitas ini, Harun tidak mendalami Islam, tetapi ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu social. Selama beberapa tahun sempat bekerja di perusahaan Saraski dan kemudian di Konsulat Indonesia karena setamat dari Universitas tersebut dengan ijazah B. A. di kantongnya. Dari Konsulat itulah, putra Batak yang mempersuntng seorang Putri dari Negeri Mesir ini, memulai karir diplomatiknya. Dari Mesir, ia ditark ke Jakarta kemudian diposkan sebagai sekretaris pada Kedutaan Besar Indonesia di Brussel. Situasi politk dalam negeri Indonesia pada tahun 60-an membuatnya mengundurkan diri pada karir diplomatic dan kembali ke Mesir. Di mesir ia kemmbali menggeluti dunia ilmu di sebuag sekolah tinggi studi Islam, di bawah bimbingan salah seorang ulama8217 fiqih Mesir terkemuka, Abu Zahrah. Ketika belajar, di sinilah Harun mendapat tawaran untuk mengambil Studi Islam di Universitas McGill, Kanada. Untuk tingkat Magister di Universitas ini, ia menulis tentang 8220Pemikiran Negara Islam di Indonesia8221. dan untuk disertai Ph. D. ia menulis tentang 8220Posisi Akal dalam Pemikiran Teologi Muhammad Abduh 8220. Setelah meraih doctor, Harun kembali ke tanah air dan mencurahkan perhatiannya pada pengembangan pemikiran Islam lewat IAIN. Ia sempat menjadi rector IAIN Jakarta selama 2 periode (1974-1982). Kemudian ia memelopori pendirian pascasarjana unruk Studi Islam di IAIN. 2 Bukankah secara kebetulan bila Harun Nasution memilih problematika akal dalam system teologi Muhammad Abduh sebagai bahan kajian desertasinya d Universitas McGill, Montreal, Kanada. Besar kecilnya peranan akal dalam system teologi suatu aliran sangat menentukan dinamis atau tidaknmya pemahaman seseorang tentang ajaran Islam. Berkenaan dengan akal ini, Harun Nasution menulis demikian, 8220 Akal melambangkan kekuatan manusia. Karena akallah, manusia mempunyai kesanggupan untuk menaklukkan makhluk lain sekitarnya. 3 Pemakaian akal dalam sejarah Islam bukan terjadi dalam soal 8211 soal keduniaan asaja, tetapi juga dalam soal-soal keagamaan sendiri. Karena Karena ayat-ayat al-Qur8217an yang mengandung masalah keimanan, ibadah, dan hidup kemasyarakatn manusiadikenal dengan muamalah, berjumlah kurang lebih hanya 500 ayat, dan itupun pada umumnya datang dalam bentuk prinsip-prinsip dang garis-garis besar tanpa penjelasan lebih lanjut melalui perincian maupun cara pelaksanaannya, maka akal banyak dipaka dalam masalah iman, ibadah, dan muamalah. Pemaikaian akal yang dilakukan ulama8217 terhadap teks ayat al-Qur8217an dan hadis disebut jtihad, dan ijtihad 8211 tegasnya pemikiran 8211 merupakan sumber ketiga dalam Islam. Jelasnya, sumber ajaran Islam adalah al-Qur8217an, hadis, dan akal. 4 Yang dikemukakan di sini adalah dasar-dasar teologis fundamental yang akan meliputi pembahasan tentang Tuhan, alam, dan manusia, Tuhan adalah prinsip awal dari segala yang ada. Ia wajib adanya, sedangkan selain 8211 Nya yang biasa disebut alam dan makhluk adalah mungkin adanya. Alam semesta bukanlah realitas terakhir sebagaimana yang disangkakan para lmuwan alam yang sekuler. Alam semesta tak lain hanyalah tanda-tanda dari kekuasaan dan kebesaradaan Tuhan, satu-satunya ansitas yang patut disebut realitas terakhir (The Ultimate Reality) . Secara biologis manusia adalah makhluk yang paling sempurna. Ia merupakan hasil akhir dari proses penciptaan evolusi dalam semesta. Manusia adalah makhluk dua dimensional. Di satu pihak ia terbuat dari tanah yang menjadikannya makhluk fisik, di pihak lain ia juga makhluk spiritual karena ditiupkannya ruh Tuhan. Dengan demikian manusia menduduki posisi yang unik antara alam semesta dan Tuhan, yang memungkinkan berkomunikasi dengan keduanya. 5 Pembaharuan teologi, yang menjadi predikat Harun Nasution, pada dasarnya dibangn atas asumsi bahwa keterbelakangandan kemunduran umat Islam Indonesia (juga dimana saja) adalah disebabkan 8220ada yang salah8221 dalam teologi mereka. Pendangan ini serupa dengan pandangan kaum modernis lain pendahulunya (Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, Al - Afghani, Sayid Amer Ali, dan lainnya) yang memandang perlu untuk kembali kepada teologi Islam yang sejati. Dengan demikian, jika hendak mengubah nasib umat Islam, menurut Harun Nasution, umat Islam hendaklah mengubah teologi mereka menuju teologi yang berwatak free-will . rasional, serta mandiri. 6 Akal mempunyai kedudukan tinggi dalam al-Qur8217an. Dalam pemikiran Islam baik di bidang filsafat dan ilmu kalam, apalagi di bidang fiqih, akal tidak pernah membatalkan wahyu. Akan tetap tunduk kepada teks wahyu. Akal dipakai untuk memahami teks wahyu. 7 Nalar dan Wahyu Dilihat sepintas, filsafat tidak berguna di samping agama. Mengapa Karena filsafat adalah usaha akal manusia, sedangkan agama berdasarkan wahyu Tuhan. Dan seperti yang ditulis Harun Nasution, 8220 Pengetahuan yang dibawa wahyu diyakini bersifat absolute dan mutlak benar, sedangkan pengetahuan yang diperoleh akal berfikir relative, mungkin benar dan mungkin salah.8221 8 1. Riwayat H. M. Rasyidi Dalam konteks kajian akademik Islam Indonesia, orang akan sulit mengesampingkan H. M. Rasyidi, lulusan lembaga pendidikan Islam di Mesir yang melanjutkan ke Paris, dan kemudian memperoleh pengalaman mengajar di Kanada. Lepas dari retorika-retorika anti baratnya, orang tak akan luput mendapati bahwa hampi keseluruhan konstruksi akademiknya dibangun atas dasar unsure-unsur yang ia dapatkan dari Barat. Dialah yang berpengaruh dalam usaha mengirimkan para lulusan IAIN atau sarjana lainnya ke Montreal sehingga banyak orang yang benar-benar berterima kasih kepadanya. Dan apa yang telah dirintisnya itu kemudian diteruskan dalam skala yang lebih besar dan penuh harapan oleh Munawir Sjadzali. 9 2. Pemikiran Kalam H. M. Rasyidi Pemikiran kalam Rasyidi dapat ditelusuri dari kritkan-kritikan yang dialamatkan kepada Harun Nasution dan Nurcholis Madjid. Tentang Perbedaan Ilmu Kalam dan Teologi Rasyidi menolak pandangan Harun Nasution yang menyamakan pengertian ilmu kalam dan teologi. Menurunya, orang Barat memakai istilah teologi untuk menunjukkan tauhid atau kalam karena mereka tak memiliki istilah lain. Salah satu tema ilmu kalam Harun Nasution yang dikritik Rasyidi adalah deskripsi aliran-aliran kalam yang sudah tidak relevan lagi dengan kondisi umat Islam sekarang, khususnya di Indonesia. Untuk itu, Rasyidi berpendapat bahwa menonjolkan perbedaan penndapat Asya8217ariyah dan Mu8217tazilah, sebgaimana dilakukan Harun Nasution, akan melemahkan iman para mahasiswa. Bagian ini adalah kritikan Rsayidi terhadap diskripsi iman yang diberikan Nuschols Madjid, yakni 8220percaya dan menaruh kepercayaan kepada Tuhan. Dan sikap apresiatif kepada Tuhan merupakan inti pengalaman keagamaan seseorang. Sikap ini disebut takwa. Takwa diperkuat dengan kontak yang kontinu dengan Tuhan. Apresiasi ketuhanan membutuhkan kesadaran ketuhanan yang menyeluruh, sehingga menumbuhkan keadaan bersatunya hamba dengan Tuhan.8221 Perlu dijelaskan di sini bahwa bersatunya seseorang dengan Tuhan tidak merupakan aspek yang mudah dicapai, mungkin hanya seorang saja dari sejuta orang. Jadi, yang lebih penting dari aspek penyatuan itu adalah kepercayaan, ibadah, dan kemasyarakatan. 10 Hanafi dilahirkan pada tanggal 13 Februari 1935 di Kairo. Ia berasal dari keluarga musisi. Pendidikannya diawali pada tahun 1948 dengan menamatkan pendidikan tingkat dasar, dan melanjutkan studinya di Madrasah Tsanawiyah Khalil Agha, Kairo yang diselesaikannya empat tahun. 11 HasanHanafi adalah seorang intelektual sekaligus ideolog muslim berkebangsaa Mesir yang sangat produktif. Meskipun di negaranya sendiri ia kurang diterima bahkan dikecam oleh kelompok Islam 8211 yang oleh Komarudin Hidayat disebut konservatis 8211 skripturalis - ia sempat meluangkan gagasan-gagasannya dalam buku-buku yang rata-rata ditulis dengan amat serius dan memenuhi standar akademis. Semua karya Hanafi tersebut adalah serangkaian pekerjaan besarnya yang disebut dengan istilah proyek tradisi dan pembaharuan (al 8211Turatswa al - Tajdid) 12 . B. Pemikiran Kalam Hasan Hanafi 1. Kritik Terhadap Teologi Tradisional Masyarakat terbagi ke dalam 2 tipe. Pertama, masyarakat tradisional dimana tradis menjadi sumber inspirasi, menjadi pembawa system-sistem nilai dan suatu argument bagi otoritas. Masyarakat di Asia, Afrika, dan Amerika Latin adalah bagian dari tipe ini, dimana tradisi menjadi aliran utama dalam kesadaran bersejarah. Dalam masyarakat ini, perkembangan tidak bisa terjadi tanpa mempertimbangkan tradisi-tradisi kehidupan yang memberi weltanschauung pada mayarakat dan menentukan penggerak mereka untuk bertindak 13 Sebuah sekte kepercayaan bukanlah kehendak doktrin yang sederhana, tetapi ini diambil oleh sebuah sekte (firqah), sebuah kukuasaan politik baik itu di dalam opsisi atau di dalam otoritas. Ada 3 macam oposisi. underground . bekerja dari dalam (Syi8217ah), aboveground, yang bekerja dari luar (Khawarij), dan mereka yang bekerja dari luar juga dari dalam (Mu8217tazilah). 14 Dalam gagasannya tentang rekronstruksi tradisional Hanafi menegaskan perlunya mengubah orientasi perangkat konseptual system kepercayaan sesuai dengan perubahan konteks politik yang terjadi. Secara praktis, Hanafi juga menunjukkan bahwa teologi tradisional tidak dapat menjadi sebuah 8220pandangan yang benar-benar hidup8221 dan memberi motivasi tindakan dalam kehidupan konkret umat manusia. Secara praktis, teologi tradisional gagal menjadi ideology yang sungguh - sungguh fungsional bagi kehidupan nyata masyarakat muslim. 15 2. Rekontruksi Teologi Melihat sisi-sisi kelemahan teologi tradisional, Hanafi lalu mengajukan saran rekontruksi teologi. Langkah melakukan rekontruksi teologi dilatar belakangi oleh tiga hal. Pertama, kebutuhan akan adanya sebuah ideology yang jelas di tengah-tengah pertarungan global antara berbagai teologi. Kedua, pentingnya teologi baru ini bukan semata pada sisi teoritisnya, melainkan juga terletak pada kepentingan praktis untuk secara nyata mewujudkan teologi sebagai gerakan dalam sejarah. Ketiga, kepentingan teologi yang bersifat praktis yaitu secar nyata diwujudkan dalam realitas melalui realisasi tauhid dalam dunia Islam. Selanjutnya Hanafi menawarkan dua hal untuk memeperoleh kesempurnaan teori ilmu dalam teologi Islam yaitu. Pertama, analisis bahasa, bahasa serta istilah-istilah dalam teologi tradisional adalah warisan nenek oyang di bidang teologi, yang merupkan bahasa khas yang seolah-olah menjadi ketentuan sejak dulu. Kedua, analisis realitas, analisis ini dilakukan untuk mengetahui latar belakang histories-historis munculnya teologi di masa lalu, dan berguna untuk menentukan kea rah mana teologi kontemporer harus diorientasikan. 16 Teologi Klasik dan Teologi Pembebasan Secara klasik, teologi atau corak kalam Hasan Hanafi lebih dekat kepada Mu8217tazilah, dengan cirri-ciri sebagai berikut. Dalam menggunakan akal, Hanafi yakin bahwa akal mampu memecahkan berbagai persoalan kehidupan manusia. Wahyu dalam teologi Mu8217tazilah berfungsi srbagai pandang akal, karena tidak semua yang baik dan buruk dapat diketahui akal. Kehendak bebas dan takdir. Menurut Hanafi jika manusia ada menrut kehendaknya, tidak mungkin ia akan memahami determinisme. Teori perbuatan. Hanafi berpendapat bahwa manusia bertanggung jawab sepenuhnya atas perbuatan-perbuatan yang dilakukannya di dunia. Kehidupan ssudah mati. Umumnya, para ulama8217 berpendapat bahwa surga dan neraka itu abadi. Kenabian. Adanya nabi bagi Hanfi bukanlah sesuatu yang wajib. 17 1. Riwayat Singkat Ismail Faruqi Ismail Raj8217I al 8211 Faruqi adalah cendekiawan yang produktif memformulasikan Islam bagi kemajuan di masa modern. Ia lahir pada tanggal 1 Januari 1921 di Jaffa, Palestina, Pendidikan awalnya di tempuh di College de Freres sejak tahun 1926-1936. Gelar sarjana muda dalam bidang filsafat diraihnya di American University di Birut 1941. al - Faruqi kemudian menjadi pegawai pemerintahan Pelestina yang berada di bawah mandate Inggris selama 4 tahun, dan kemudian menjadi gubernur Galilee yang terakhir. Dengan jatuhnya provins ini ke tangan Israel tahun 1947, al - Faruqi memutuskan berghijrah ke Amerika pada tahun 1948. Tahun 1949, al-Faruqi memulai karir akademisnya di AS dengan meraih gelar M. A. dalam bidang filsafat dari Indiana University dengan tesisnya berjudul 8220 Tenyang Pembenaran Tuhan. Metafisika dan Epistemologi.8221 Dari universitas yang sama, ia memperoleh gelar doctor pada tahun 1952. Al-Faruqi mulai mengajar di McGillUniversity, Kanada, tahun 1959, dan secara intensif ia mempelajari Yudaisme dan Kristen. Tahun 1961 sampai 1963, al-Faruqi pindah ke Karachi, Pakistan, untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan Central Institute for Research dan jurnalisme Islamic Studies. Saat kembali ke AS, al-Faruqi mengajar di School of Divinity, Universitas of Chichago, dan selanjutnya memulai program Islam di Syrakus University, New York. Tahun 1968 ia pindah ke Temple University, Philadelphia, sebagai guru besar agama dan mendirikan pusat kajian Islam. Ia menetap di universitas ini sampai akhir hayatnya. Hidup Ismail Faruqi berakhir tragis setelah ia dan isterinya, Lamya Faruqi, secara brutal dibunuh pembunuh gelap di rumahnya di Philadelphia apada tanggal 27 Mei 1986. Beberapa pengamat menduga bahwa pembunuhan itu dilakuakan oleh Zionis Yahudi karena proyek Faruqi yang dikerjakan intens untuk kemajuan Islam. 2. Pemikiran Kalam Al-Faruqi Tauhid sebagai inti pengalaman agama Tauhid sebagai pandangan dunia Tauhid sebagai intisari Islam Tauhid sebagai prinsip sejarah Tauhid sebagai prinsip pengetahuan Tauhid sebagai prinsip metafisika Tauhid sebagai prinsip etika Tauhid sebagai prinsip tata social Tauhid sebagai prinsip ummah Tauhid sebagai prinsip keluarga Tauhid sebagai prinsip tata politik Tauhid sebagai prinsip tata ekonomi Tauhid sebagai prinsip estetika 18 Sekarang telah lebih dari searus lima puluh tahun semnjak usaha 8211 usaha pembaharuan dimulai pada pembukaan abad ke 8211 19. Hasil Hasil pemikiran para pemimpim pembaharuan yang pada mulanya mencapai tantangan telah banyak diamalkan terutamanya pada abad ke-20 ini. Proses pembaharuan yang terjadi di kalangan umat Ialam akan terus berjalan sepanjang zaman. Islam tidak menghalangi pembahruan yang tidak melanggar ketentuan-ketentuan yang dibawa wahyu. 19 Rozak, Abdul, M. Ag. Anwar Rosihon, M. Ag, Ilmu Kalam . CV. Pustaka Setia, Bandung. 2010 Nasution, Harun, DR. Pembaharuan dalam Islam, Sejarah dan Gerakan . PT. Bulan Bintang. 1992 Nasution, Harun, Pembaharuan dalam Islam . PT. Bulan Bintang. 2003 Nasution Harun, DR. Islam Rasional, Gagasan dan Pemikiran . Mizan. 1996 Saefudin, Didin, Pemikiran Modern Pot Modern Islam Biografi 17 Tokoh . PT. Grasindo Jakarta, 2003 Kertanegara, Mulyadi, Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution, Ciputat Pers. 2002 Hasan Hanafi, Profesor filsafat di Cairo University, Bongkar Tafsir, Liberalisasi, Revolusi, Hermeneutik . Prisma Sophie. 2005 1 Harun Nasution, 8220Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan8221, 3-6 2 Harun Nasution, 8220Islam Rasional, Gagasan dan Pemikiran8221, 5-6 3 Abdul Razak, Rosihun Anwar, 8220Ilmu Kalam8221, 241 4 Harun Nasution, 8220 Islam Rasional. Gagasan dan Pemikiran8221, 56 5 Mulyadi Kertanegara, 8220Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution, 97 - 104 6 Abdul Razak, Rosihun Anwar, 8220Ilmu Kalam8221, 242 8 Franz Magnis Suseno, 8220Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution, 126 9 Abdul Razak, Rosihun Anwar, 8220Ilmu Kalam8221, 238


No comments:

Post a Comment